Senin, 16 Januari 2012

WILLIAM DELBERT GANN

WILLIAM DELBERT GANN

Nabi Keuangan Legendaris di awal abad ke 20

Untuk sebagian besar analis teknikal dan pelaku pasar di industi keuangan, nama William Delbert Gann, mungkin sudah tidak asing dikenal. WD Gann adalah salah satu Trader terbesar pada awal abad ke 20, yang memiliki teknikal analisis perdagangan yang sangat misterius dan metode yang didasarkan pada matematika kuno dan geometri. Namun, hanya diakui secara eksplisit, teori Gann dikagumi oleh sebagian besar, tapi ditangkap oleh beberapa saja

Untuk memahami teori Gann, sangatlah penting untuk mengetahui terlebih dahulu latar belakang kehidupannya.

WD Gann lahir di sebuah keluarga Irlandia di Lufkin, Texas, Amerika Serikat pada tanggal 6 Juni 1878. Orang tuanya adalah pemeluk agama Kristen yang sangat taat. W. D. Gann sendiri adalah seorang Kristen yang setia. Dia mengklaim bahwa teori-teori siklus pasarnya ditemukan dari Alkitab.

Negara asal Gann adalah tanah kapas, pengaruh masa kecilnyalah yang merubah Gann menjadi seorang Trader yang mempunyai nama besar. Pada saat Gann berusia 24 tahun  di tahun 1902, saat itu adalah Trading pertamanya di kontrak bursa berjangka ( kapas ) dan perdagangan tersebut merupakan keuntungan pertama dari perdagangannya. Setelah 53 tahun pengalaman perdagangannya, dia telah mendapatkan keuntungan sebanyak US $ 50 juta dari pasar. Kekayaan yang didapatkannya pada saat itu, sangatlah besar jika dibandingkan dengan daya beli masyarakat pada saat itu.

Pada tahun 1906, WD Gann pindah ke Ohakama dengan ambisi yang kuat untuk memulai karirnya sebagai broker dan trader. Perjalan Hidup dan karirnya naik dan turun. Pesan yang dia berikan setelah melalui beberapa dekade didalam karir perdagangannya adalah bahwa jika seorang investor memasuki pasar investasi tanpa pemahaman pengetahuan tentang pasar,maka kesempatan untuk gagal akan menjadi 90%. Alasan di balik kegagalan mereka adalah emosi manusia: harapan, ketamakan dan ketakutan adalah musuh kesuksesan.

Pengetahuan adalah cara untuk menang di pasar. Mulai dari usia dini, WD Gann sudah menyadari bahwa hukum alam merupakan kekuatan pendorong yang mendasari pergerakan pasar. Dia menyatakan bahwa dia telah menghabiskan waktu selama 10 tahun dalam mempelajari hubungan antara hukum alam dan hokum pasar. Selama 10 tahun itu, ia telah bepergian ke beberapa Negara diantaranya Inggris, Mesir dan India untuk Melakukan Riset.  


Ketika ia berada di Inggris, ia menghabiskan hari demi hari dan malam demi di British Museum untuk mempelajari industri pasar keuangan yang sudah berusia lebih dari seratus tahun. Salah satu tekniknya yang terpenting, adalah Kardinal Gann Square, dikatakan Gann ia terinspirasi oleh struktur candi Mesir dan India.

Setelah perjalanan panjang untuk Riset dan mencari ilmu pengetahuan, ia menyimpulkan temuannya bahwa pasar keuangan didorong oleh "Hukum Getaran". Hukum yang dipahaminya adalah, seseorang dapat memberitahu waktu dan harga pasar di masa depan dengan akurasi yang tinggi. Gann juga mengklaim bahwa "Tingkat Getaran" harga saham  dan kontrak berjangka menentukan naik turunnya harga mereka.

Sayangnya, rincian teorinya hanya disimpan didalam isi kepalanya. menyebabkan sangat sulit untuk memahami esensi dari teknik-tekniknya tersebut

Pada tahun 1908, Gann pindah ke New York, pada saat itu Gann berusia 30 tahun, di mana ia mulai menjadi broker sekaligus peneliti. Ia sangat serius untuk menguji teori-teorinya dan teknik-teknik tradingnya. Pada tahun yang sama, ia mengembangkan teknik utamanya yaitu "Master Time Factor” (Menguasai Faktor Waktu) dengan sukses yang membuatnya menjadi terkenal di Wall Street.

Pada bulan Oktober 1909, ia diwawancarai oleh Richard D.Wyckoff dari the Ticker and Investment Digest, sebuah majalah keuangan yang populer di awal abad dua puluhan. Wawancara diperpanjang selama satu bulan agar wartawan bisa memantau aktivitas trading dari WD Gann.


Ada yang mengejutkan wartawan, Gann mencetak laba lebih dari 1000% dari modal tradingnya. Dia Trading sebanyak 286 transaksi dalam waktu 25 hari perdagangan, 264 kali menang dan 22 kali kalah. Tingkat laba naik ke 92,3%. Selama bulan itu, interval rata-rata perdagangannya hanya 20 menit. Pada satu hari perdagangan, ia melakukan Trading 16 transaksi perdagangan, 8 poinnya adalah pembalikan dari intra fluktuasi pasar/hari.


Menurut William Gilley temanya Gann, "Salah satu perhitungan yang paling menakjubkan yang dibuat oleh Mr Gann adalah selama musim panas ditahun 1909 ketika ia memprediksi bahwa pada bulan September 1909, harga gandum akan berada di harga $ 1,20. Ini berarti bahwa harga tersebut harus menyentuh $ 1,20 sebelum akhir bulan September. pada pukul 12:00, waktu Chicago, pada tanggal 30 September (hari terakhir) harga berada di $ 1,08, dan dan tampaknya prediksi tersebut tidak akan terpenuhi. Mr Gann berkata, "Jika tidak menyentuh $ 1,20 oleh pasar, itu membuktikan bahwa ada sesuatu yang salah dengan metode perhitungan di seluruh hidupkuAku tidak peduli berapa harga sekarang, harga itu harus pergi ke sana." Ini adalah sejarah umum yang mengejutkan bahwa pada bulan September 1909 seluruh pedagang dinegerinya  menjual Gandum diharga $ 1,20 dan tidak ada yang  lebih tinggi di jam terakhir perdagangan tersebut, dan  akhirnya perdagangan ditutup pada angka itu ($ 1,20).

Di puncak karirnya, WD Gann mendirikan dua buah perusahaan Riset pasar, nama perusahaan tersebut adalah W. D. Gann Scientific Service, Inc. dan W. D. Gann Research Inc , dan mempekerjakan sebanyak 35 orang karyawan untuk menghasilkan grafik teknis dan melakukan riset pasar. Gann Menerbitkan buletin investasi dan membuat prakiraan tahunan tentang harga saham dan komoditas, yang kemudian menarik banyak perhatian dari komunitas investasi.


Gann juga menjadi pembicara dibeberapa seminar investasi dan seminar perdagangan. Gann mencoba untuk membuat kelas mengajar khusus yang tertutup dan hanya terbatas pada beberapa orang saja, setiap siswanya tidak diperbolehkan untuk memberikan materinya kepada orang lain. Biaya untuk seminar ini adalah sebesar US $ 2500 dan kadang-kadang US $ 5000, yang tarifnya sangat besar pada masanya. Ini mungkin setara dengan US $ 25.000 sampai US $ 50.000 saat ini!

Metode WD Gann
 

Menurut pengikutnya, keakuratan prediksi WD Gann adalah sampai 85%. Gann mengklaim bahwa setiap prediksinya itu sepenuhnya didasarkan pada prinsip-prinsip matematika. Dengan informasi yang cukup, ia juga bisa memprediksi peristiwa yang akan datang dengan teori siklus yang didasarkan pada matematika kuno dan geometri. Dalam pikirannya, sifat-sifat alamiah pada prinsipnya tidak akan berubah, semua kejadian tersebut didasarkan pada prinsip-prinsip matematika.

Apa prinsip-prinsip matematika WD Gann?
 

WD Gann mengatakan bahwa 360 derajat lingkaran dan angka dari 1 sampai 9 adalah asal matematika. Dalam lingkaran, mungkin ada tempat persegi dan segitiga. Di luar lingkaran, kita juga dapat membangun sebuah persegi dan segitiga. Ini konstruksi sebenarnya dari dimensi pasar.


Cukup aneh? Bahkan, WD Gann percaya bahwa titik-titik pembalikan pasar (puncak dan dasar) yang terkait dengan prinsip-prinsip matematika. Tidak ada atas atau bawah pasar tunggal tidak dapat dijelaskan oleh sudut dan support / resistance level. Dengan kata lain, jika ia diberi waktu dan sejarah dari harga dititik puncak dan bagian bawah setiap pasar, ia bisa memanfaatkan prinsip-prinsip matematika dan geometris untuk memprediksi titik balik pada pasar berjangka.

Prediksi Pasarnya
 

Cukup menarik, WD Gann hidup di abad dua puluh awal, pada ekonomi dunia berada dalam kekacauan total. Gann mengalami kehidupan pada Perang Dunia pertama, kehancuran pasar saham yang bersejarah di tahun 1929, depresi besar di tahun 1930 dan Pecahnya Perang Dunia ke II. Dalam tahun-tahun frustrasi, melakukan investasi bisnis pada saat itu sangat-sangat berisiko, yang tidak bisa digambarkan melalui prediksi pasar.


Sejak abad ke 20, WD Gann mulai menerbitkan laporan tahunan prediksi pasar. Laporan-laporan ini diberikan prakiraan pasar untuk sepanjang tahun yang akan datang. Itu sesuatu yang baru pada saat itu, menyediakan jenis layanan yang seperti itu. Hal-hal baru adalah bahwa WD Gann sebenarnya menggambarkan pergerakan pasar sepanjang tahun dengan menyediakan waktu rinci dan harga poin pembalikan pasar! Meskipun, prediksinya mungkin tidak sepenuhnya benar, teori pendekatannya membuat sejarah baru didalam membuat prediksi pasar.


Anehnya, dia secara akurat memprediksi hancurnya pasar saham abad ini pada tahun 1929 dan diberi tanggal. Dalam perkiraan tahunan yang diterbitkan pada tanggal 3 November 1928, ia secara eksplisit meramalkan bahwa pada bulan September 1929 akan menjadi bulan yang berbahaya. Harga saham akan mengalami  kejatuhan pada "Black Friday". Bahkan, Dow Jones Industrial Average terhenti  pada tanggal 3 September 1929 di harga 386,10. Dua bulan kemudian, indeks Dow jatuh lagi di bawah 200! Pasar Jatuh menimpa dunia barat dan mengalami depresi besar dan Dow akhirnya dipercaya kembali oleh pasar yang hanya menguat  40,56 poin pada bulan Juli 1932.


Pada tahun-tahun akhir Gann, ia sangat terlibat dalam astrologi keuangan. Dikatakan bahwa ia kehilangan sebagian besar kekayaannya karena praktek seperti itu dan ia tidak meninggalkan banyak kekayaan kepada anak-anaknya. W. D. Gann meninggal dunia pada tanggal 14 Juni 1955.

Tulisan-tulisan (Buku-Buku) W. D. Gann

W. D. Gann telah banyak membuat tulisan diantaranya adalah sbb:


"W. D. Gann Stock Market Course"
    "W. D. Gann Commodity Market Course"
    "The Truth of the Stock Tape"
    "Wall Street Stock Selector"
    "Stock Trend Detector"
    "45 Years in Wall Street"
    "How to Make Profits Trading in Commodities"
    "How to Make Profits Trading in Puts and Calls"
    "Tunnel Thru' the Air"
    "The Magic Words"


Sebagian besar tulisannya terkait dengan investasi dan perdagangan.bukunya yang berjudul "Tunnel Thru' the Air" (Melalui Terowongan air) adalah tentang kisah cinta. Gann menyatakan bahwa pertama kali Anda membaca, itu akan menjadi buku kisah cinta anda. Kedua kalinya Anda membaca, itu akan menjadi buku perumpamaan. Ketiga kalinya Anda membaca, itu akan menjadi buku kebenaran pasar!


The "Magic Words" adalah sebuah buku dari tulisan-tulisan religiusnya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar